Wednesday 24 June 2015

CARA INSTALL WINDOWS VIA FLASHDISK

bicara masalah instalasi windows atau linux dan sejenisnya terkadang kita punya masalah. dibagian laptop, notebook dan punya dvd atau enggak... nah jangan galau sekarang ada kang rufus yang bisa buat botabel di flasdisk, hehe... nah lagsung aja ini kita simak tutornya sekarang :o

pertama yah kita download aplikasinya disini

ingat download DISINI


Gufron Rajo Kaciak


Apabila flash disk sudah dicolokan ke komputer, secara otomatis Rufus akan mendeteksidrive, sistem file, ukuran cluster dan volume label flash disk tersebut.


Gufron Rajo Kaciak


Jika Rufus tidak mendeteksi USB yang dicolokan tersebut, tampilkan opsi tingkat lanjut dengan menekan icon disebelah teks Format Options. Kemudian, tandai opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks.


Gufron Rajo Kaciak


Untuk menjadikan flash disk sebagai bootable sistem operasi, pada bagian opsi Create a bootable disk using, gunakan pilihan ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsiQuick formaat tetap aktif, agar proses format partisi menjadi lebih cepat.


Gufron Rajo Kaciak


Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus.


Gufron Rajo Kaciak


Klik tombol OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB atau Cancel untuk membatalkan.


Gufron Rajo Kaciak


Setelah itu, pertama sekali Rufus akan melakukan format terhadap USB flash drive yang ditentukan. Setelah selesai, baru melakukan penyalinan file-file yang ada dalam file ISO.


Gufron Rajo Kaciak


Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, klik tombol Close untuk menutup Rufus.


Gufron Rajo Kaciak


Untuk menggunakan USB flash drive sebagai media instalasi, lakukan pengaturan pada BIOSagar device yang pertama dibaca saat booting (Boot devices priority) adalah USB flash drive.



sumber copas dari : http://dosen.gufron.com/

0 comments:

Post a Comment