Thursday 16 August 2018

cara mengubah partisi GPT menjadi MBR dengan flash tool


Pada pagi hari minggu ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman cara merubah partisi GPT menjadi MBR . jadi beberapa tahun lalu saya sempat dibuat panik karena laptop keluaran 2016 keatas yang notabenya ber HDD 500GB dan berOS 8/8.1/10 itu memiliki partisi GPT. karena windows 7 tidak suport untuk GPT ya mau gimana lagi? ubah deh partisinya jadi MBR. tapi pas waktu itu karena saking gobloknya ya tau sendiri lah (format all) dan data ilang semua wkwkwkwk uda uda gausa banyak canda.

Seperti biasa ketika menginstall windows, kita harus melakukan backup data dan menghapus partisi windows lama. Tapi kali ini masalah muncul saat awal proses instalasi, windows tidak bisa diinstal dan muncul peringatan "Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style". karena HDD berformat GPT bukan MBR

trus bedanya apa? simpelnya sih GPT ini memungkinkan hardisk terpartisi menjadi puluhan ruang. sedangkan MBR hanya bisa dibagi menjadi 5-6 ruang partisi. dan biasanya GPT berada di HDD 500gb keatas. Dari beberapa referensi seperti yang saya jelaskan, windows 7 maupun tidak bisa diinstall pada partisi GPT (GUID Partition Table), jadi kita harus mengubahnya menjadi partisi MBR (Master Boot Record).

Oke tanpa panjang lebar lagi, berikut cara yang saya lakukan untuk merubah ke partisi MBR tanpa kehilangan data.

1. Siapkan flashdisk dan koneksi internet, karena kita membutuhkan software pihak ketiga, yaitu MiniTool Partition Wizard atau bisa download DISINI  yang akan kita download dan masukkan ke flashdisk sebagai bootable USB Flash Drive.

2. Buat bootable USB Flash Drive yang berisi MiniTool Partition Wizard hasil unduhan tadi menggunakan software Rufus. Pilih salah satu aja ya. Anda bisa mendownload sofware Rufus disini.

Caranya buka Rufus > otomatis kolom device memilih drive flashdisk anda > klik kotak ISO Image > pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard > klik file ISO nya > klik Open > lalu pilih start.

3. Setelah jadi USB bootablenya, tancapkan pada laptop yang akan dirubah partisinya. Jadikan USB Flash Drive pada urutan boot pertama.

5. Jika sukses maka program MiniTool Partition Wizard akan terbuka > pilih urutan pertama ' MiniTool Partition Wizard Boot Disc.

6. Berikutnya akan muncul tampilan utama program ini > pilih hardisk yang akan anda rubah partisinya menjadi MBR (ingat pilih pada hardisk bukan partisinya) > klik Convert GPT disk to MBR disk > klik Apply > tunggu proses selesai.



Catatan: aplikasi MiniTool Partition Wizard tidak hanya bisa merubah partisi hardisk dari GPT ke MBR, tapi bisa sebaliknya, yakni merubah partisi hardisk dari MBR ke GPT. Selain itu sofware ini juga mampu mengconvert partisi dari FAT ke NTFS atau sebaliknya, yaitu NTFS ke FAT. Dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya.

7. restart saja dengan menekan tombol power sampe pc/laptop mati
8. no 4 ga ada wkwkwkw
9. scroll cek no 4 ternyata emang g ada
10. kasihan deh lu 

okeee makasih temen temen semuanya sudah berkunjung di blog ga guna ini. tinggalkan jejak, sebarkan ilmu dan jangan lupa bahagia...


cara mengatasi eror "Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style"
Perbedaan Prtisi GPT dengan MBR



sumber: pakar-teknologi.blogspot.com
              minitool.com

1 comment:

  1. Cara Mengubah Partisi Gpt Menjadi Mbr Dengan Flash Tool ~ Bakwan Teknologi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mengubah Partisi Gpt Menjadi Mbr Dengan Flash Tool ~ Bakwan Teknologi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mengubah Partisi Gpt Menjadi Mbr Dengan Flash Tool ~ Bakwan Teknologi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK AY

    ReplyDelete